Hai Super Guest!!


Bagasi Tercatat merupakan barang yang diserahkan penumpang kepada maskapai penerbangan untuk diangkut dengan pesawat udara yang sama.


Apa saja yang harus Super Guest Perhatikan jika kamu membawa bagasi tercatat ? Berikut adalah hal yang harus diperhatikan pada saat check-in jika  membawa bagasi tercatat :

  1. Maksimum berat bagasi per-piece sebagai bagasi tercatat adalah 32 (tiga puluh dua) KG. 
  2. Calon Penumpang dihimbau untuk TIDAK meletakan barang/benda berharga seperti: Uang/Perhiasan/Dokumen berharga lainnya ke dalam bagasi tercatat. Disarankan membawa barang/benda berharga tersebut ke dalam bagasi kabin dan dalam pengawasan calon penumpang (mandiri).
  3. Staff Maskapai berhak mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan keamanan terhadap bagasi yang dibawa oleh calon penumpang.
  4. Calon Penumpang berkewajiban untuk menginformasikan dan menunjukan isi bagasi yang dibawa (jika diminta).
  5. Pastikan Anda memiliki label bukti dari bagasi tercatat yang diterbitkan sesuai dengan aktual bagasi tercatat yang di check-in kan.

Terkait point 3 dan 4 , berkaitan dengan barang-barang yang memenuhi salah satu kriteria untuk barang berbahaya yaitu bawaan penumpang yang seharusnya diangkut tidak bersama penumpangnya yang sering disebut Unaccoumpainied Pasengers Baggage Personal Effects contohnya kembang api, cairan rumah tangga yang mudah terbakar, oven atau selokan pembersih korosif , gas yang mudah terbakar atau cairan isi ulang korek api atau kompor tabung berkemah, korek api, amunisi, pemutih, aerosol dan lain-lain


Security questions:

  1. Apakah ini bagasi anda?
  2. Apakah anda sendiri yang mengemas bagasi itu?
  3. Adakah kemungkinan campur tangan pihak lain sejak bagasi itu anda kemas?
  4. Apakah anda membawa sesuatu atas pesanan orang lain?
  5. Apakah anda membawa barang berbahaya, barang dilarang dan/atau barang berharga?
  6. Apakah anda membawa lebih dari 2(dua) lithium baterai (power bank dan baterai lithium cadangan) dan rokok elektrik (vape) ?


Khusus penerbangan Internasional:

Apakah anda membawa LAGs (liquid, aerosol, gel) di bagasi anda?


Menurut peraturan keselamatan, penumpang disarankan: 

  1. Tidak menerima paket dari penumpang yang tidak dikenal 
  2. Tidak meninggalkan bagasi tanpa pengawasan kapan saja, terutama di dalam area bandara. Bagasi tanpa pengawasan dapat dipindahkan oleh staf keamanan bandara sebagai benda yang mencurigakan. 
  3. Melapor sebelum check-in jika membawa senjata atau barang atau bahan berbahaya


Barang yang Dilarang 

Membawa baterai sel kering, pisau, gunting, alat tajam, peralatan, senjata api, amunisi, dan replika mainan dilarang di kabin penumpang.


Barang Berharga 

Mata uang, logam mulia, perhiasan, surat berharga yang dapat dialihkan, sekuritas, dokumen identitas pribadi, dan barang berharga lainnya sebaiknya dibawa bersama penumpang di kabin. Super Air Jet tidak bertanggung jawab atas barang-barang berharga yang dibawa. 

 

Barang yang Dibatasi 

Obat-obatan dan perlengkapan mandi dalam jumlah terbatas yang diperlukan atau sesuai untuk penumpang selama perjalanan, seperti semprotan rambut, parfum dan obat-obatan yang mengandung alkohol dapat dibawa. Banyak di antara barang tersebut dapat dibawa sebagai kargo udara asalkan dikemas sesuai dengan peraturan kargo. 

 

Barang Berbahaya di Bagasi 

Untuk alasan keamanan, barang berbahaya seperti yang tercantum di bawah ini tidak boleh dibawa di dalam bagasi penumpang: 

  1. Tas kerja dan tas atase dengan perangkat alarm yang terpasang. 
  2. Gas terkompresi - (yang sangat terdinginkan, mudah terbakar, tidak mudah terbakar, dan beracun) seperti butana, oksigen, dan nitrogen cair, tabung aqualung, dan tabung gas terkompresi. 
  3. Benda yang bersifat merusakkan- seperti baterai asam, alkali, air keras dan sel basah serta peralatan yang mengandung air keras. 
  4. Bahan Peledak - amunisi, kembang api dan suar. Amunisi mencakup selongsong yang kosong, pistol tangan, kembang api, dan tempat pistol
  5. Cairan yang mudah terbakar dan benda padat seperti bahan isi ulang pemantik api, bahan bakar pemantik api, korek api, cat, tiner, pemantik api yang perlu dibalik sebelum dinyalakan. 
  6. Bahan radioaktif 
  7. Bahan pengoksidasi seperti bubuk pemutih dan peroksida 
  8. Racun dan zat yang menular seperti insektisida, pembunuh gulma, dan bahan virus hidup. 
  9. Benda berbahaya lainnya seperti bahan bermagnet, bahan yang melukai atau menyakitkan 
  10. Zat etiologi (bakteri, virus dll). 
  11. Peralatan yang mengandung air keras tidak boleh dibawa di dalam bagasi.


Super guest, mari kita peduli dan mematuhi peraturan penerbangan, karena keselamatan dan keamanan penerbangan adalah milik kita bersama.


Pembelian Bagasi Prabayar bisa di check di link  : https://www.superairjet.com/assets/doc/Price%20List%20IU%20-%2025OCT21.pdf


Telp contact center : 021-50862099
Email Contact Center : customercare@superairjet.com 


Salam Super,